Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!
  • Share
  • [i]

Vaksin Kutil Kelamin Penting untuk Pria

Selasa, 08 Februari 2011

img
foto: Thinkstock
Tampa, Florida, Bahaya kutil pada pria sering dipandang sepele sehingga kurang mendapat perhatian. Namun penelitian membuktikan, pemberian vaksin kutil pada pria memiliki banyak manfaat yakni melindungi organ kelaminnya dari risiko kanker.

Virus penyebab kutil adalah Human Papiloma Virus (HPV) yakni jenis virus yang bisa memicu kanker leher rahim (serviks) pada wanita. Jenis kanker ini berdampak serius terhadap reproduksi wanita, mulai dari kesulitan punya keturunan hingga pengangkatan rahim.

Pada pria, jenis virus ini sebenarnya juga bisa memicu kanker terutama di bagian penis dan anus. Namun dibandingkan dengan kanker serviks pada wanita, risiko kanker penis dan anus pada pria jauh lebih kecil sehingga sering diabaikan.

Meski demikian, kutil khususnya kutil kelamin bisa menular dari pria ke wanita melalui kontak seksual. Pria yang memiliki kutil kelamin bisa menularkan virusnya ke pasangan seksnya, kemudian bisa memicu campak yang lebih berbahaya dibandingkan kutil itu sendiri yakni kanker serviks pada pasangannya.

Oleh karena itu, American Academy of Pediatrics (AAP) baru-baru ini merekomendasikan pemberian vaksin HPV pada pria. Meski vaksin ini sudah lazim diberikan pada wanita, inisiatif AAP untuk merekomendasikan vaksin serupa pada pria baru pertama kali dilakukan.

Rekomendasi ini didasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan oleh Anna Giuliano, PhD dari H.Lee Moffitt Cancer Center and Research Institute di Tampa, Florida. Dalam penelitian ini, Giuliano mengungkap pemberian vaksin HPV punya banyak manfaat pada pria.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 4.000 pria yang aktif secara seksual dan berusia 16-26 tahun ini mengungkap, vaksin HPV bisa memberikan perlindungan terhadap infeksi HPV hingga jangka wantu 6 bulan sejak pemberian. Efek perlindungan tidak diperoleh relawan yang dalam penelitian itu hanya mendapatkan plasebo.

Pada pria, pemberian vaksin ini memiliki beberapa manfaat ekstra. Selain melindungi pria dari infeksi HPV yang bisa menyebabkan kutil kelamin maupun kanker penis dan anus, vaksin ini otomatis juga mencegah penularan HPV dari pria ke wanita melalui hubungan seks.

"Pria merupakan komponen penting dalam siklus penularan HPV pada wanita, melalui hubungan seks yang dilakukannya," ungkap Prof Demetrius Porche, ahli kandungan dari Louisiana State University seperti dikutip dari CNN, Selasa (8/1/2011).

sumber :  http://health.detik.com/read/2011/02/08/113559/1562372/763/vaksin-kutil-kelamin-penting-untuk-pria

0 komentar:

Posting Komentar