Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!
  • Share
  • [i]

Kenapa Payudara Membengkak Jelang Menstruasi?

Rabu, 09 Februari 2011

img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Beberapa keluhan kadang muncul menjelang menstruasi datang, salah satunya adalah payudara yang terasa membesar. Kenapa payudara membengkak saat PMS (Pre Menstrual Syndrome)?

Selama fase sebelum menstruasi (PMS) seorang perempuan memiliki tingkat hormon progesteron dan prolaktin yang lebih tinggi dari biasanya. Kedua hormon ini bisa menyebabkan jaringan payudara membengkak dan kelenjar susu akan meningkatkan ukurannya.

Peningkatan ukuran payudara ini juga disebabkan oleh kondisi tubuh yang menahan air selama periode premenstruasi. Gabungan kedua kondisi inilah yang membuat payudara seseorang sedikit membesar saat menjelang menstruasi, seperti dikutip dari CNN, Selasa (1/2/2011).

Perubahan dalam ukuran payudara bervariasi dari satu perempuan dengan yang lain, dan kadang ukurannya juga tidak selalu sama setiap bulannya. Beberapa perempuan mungkin tidak akan melihat banyak perbedaan dalam ukuran payudaranya, sementara yang lain terlihat jelas perbedaan ukurannya setiap bulan.

Seminggu atau lebih sebelum seseorang mendapatkan menstruasi tubuh sudah mulai memproduksi banyak estrogen dan progesteron serta mempertahankan air. Umumnya tidak hanya payudara yang terasa membesar, sepatu, cincin atau celana ketat mungkin juga terasa sempit akibat pembengkakan yang terjadi di tubuh.

Semua cairan memaksa jaringan termasuk yang ada di payudara untuk memperluas dan meregangkan saraf, kondisi ini pula yang membuat payudara terasa nyeri atau sakit saat menjelang menstruasi.

Meskipun kondisi ini tidak bisa dihentikan karena bersifat hormonal, tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga agar payudara tidak terlalu menonjol atau membesar yaitu dengan membatasi asupan garam atau makanan yang asin seperti makanan cepat saji serta menggunakan bra pendukung seperti bra olahraga.

Jika perubahan terjadi secara drastis yang membuat seseorang menjadi stres atau malu untuk keluar rumah, maka bicaralah dengan dokter untuk membantu mengatur fluktuasi hormonal.

sumber : http://health.detik.com/read/2011/02/01/104750/1557745/763/kenapa-payudara-membengkak-jelang-menstruasi

0 komentar:

Posting Komentar