Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!
  • Share
  • [i]

Cokelat Bikin Jantung Sehat

Senin, 14 Februari 2011

Cokelat Bikin Jantung Sehat
Jakarta - Cokelat menjadi favorit tiap orang. Takut makan cokelat karena tak ingin gemuk? Bukan alasan lagi. Makan cokelat secara teratur ternyata tak bikin gemuk tetapi jantung justru lebih sehat. Lho, kok bisa?

Penyakit jantung sudah menjadi pembunuh urutan teratas di dunia. Penyakit ini menyerang tanpa diduga dan tidak memandang usia si penderita. Beberapa penelitian menemukan jika penyakit jantung dapat dicegah dengan pola hidup yang sehat. Termasuk menjaga konsumsi makanan. Salah satu makanan yang dianjurkan adalah cokelat.

Berdasarkan berita yang dilansir Reuters Health, wanita yang berusia diatas 70 tahun yang makan cokelat sedikitnya sekali dalam seminggu, kemungkinan dirawat di rumah sakit akibat gagal jantung turun hingga 35%. Juga menurunkan sekitar 60% kematian akibat gagal jantung.

"Perempuan tidak harus memakan cokelat satu ton untuk bisa melihat hasilnya. Tapi makanlah cokelat secara teratur untuk mendapatkan hasilnya di usia lanjut nanti," ujar Dr. Yosua Lewis.

Meskipun cokelat sangat dianjurkan, bukan berarti semua jenis cokelat memiliki manfaat yang baik. Cokelat yang sebaiknya dikonsumsi adalah jenis couverture dark chocolate yang memiliki kadar cokelat atau cacao mass lebih dari 70%. Untuk mengenali cukup mudah, karena jenis cokelat ini biasa dijual dalam bentuk batangan. Di kemasannya tertulis jelas kadar cokelatnya, umumnya antara 40%-85%.

Dark chocolate yang hitam dan agak pahit ini mengandung antioksidan yang bernama flavonoid. Antioksidan ini juga terkandung dalam red wine. Zat ini dapat membantu melindungi wanita khususnya yang dalam masa menopouse dari penyakit jantung koroner, penyakit jantung dan stroke.

Pada tahun 2008, para peneliti Italia menemukan bahwa makan dark chocolate secara teratur dapat membantu menurunkan tingkat peradangan, yang sangat berkaitan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah. Meskipun demikian, para peneliti ini tidak lantas menganjurkan mengkonsumsi cokelat dalam jumlah yang banyak.

"Pastikan juga jenis makanan yang Anda makan juga sehat, tidak mengandung kalori yang tinggi dan pola hidup yang teratur," jelas Dr. Brian Buijsse di the German Institute of Human Nutrition.

Cokelat bisa jadi camilan yang sehat tanpa takut akan gemuk. Berolah raga yang teratur dan  pola tidur yang cukup bisa menjadi gaya hidup sehat. Nah, kalau sudah tau manfaat cokelat masihkah menolak cokelat di hari Valentine nanti?

sumber :  http://food.detik.com/read/2011/02/09/105514/1567542/900/cokelat-bikin-jantung-sehat

0 komentar:

Posting Komentar