Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!
  • Share
  • [i]

Anak Hasil Pembuahan di Luar Angkasa Berisiko Mandul

Senin, 14 Februari 2011

img
foto: Thinkstock
Washington, Jika kelak manusia berhasil mewujudkan gagasan migrasi antar planet, tentu banyak pasangan akan melakukan pembuahan di luar angkasa. Dampak radiasi perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan keturunan yang dihasilkan menjadi mandul.

Radiasi itu terutama berasal dari proton kuat yang dilepaskan oleh jilatan lidah api di permukaan matahari. Menurut sebuah penelitian terbaru, dampak radiasi proton bagi sistem reproduksi adalah kerusakan DNA pada keturunan yang dihasilkan.

Kerusakan DNA atau deoksiribo nukleat akan lebih memberikan dampak negatif jika keturunan yang dihasilkan adalah perempuan. Dalam sebuah eksperimen Badan Antariksa Amerika (NASA) yang dilakukan pada tikus, anak tikus betina hasil pembuahan di luar angkasa tidak bisa punya anak.

Anak tikus betina itu bisa dibuahi oleh tikus jantan, namun anaknya tidak pernah bisa lahir. Tikus betina mengalami kerusakan DNA dan kemudian bunting itu selalu mengalami keguguran karena oosit atau sel telurnya tidak cukup kuat.

Sementara jika keturunan yang dihasilkan adalah laki-laki, dampak kerusakan DNA dialami oleh sel sperma. Dikutip dari Dailymail, Senin (14/2/2011), sperma yang mengalami mutasi DNA akan menghasilkan keturunan yang cacat, atau bahkan tidak mampu membuahi sama sekali.

Di bumi, dampak radiasi tersebut tidak terlalu dirasakan karena sebagian besar bisa diserap oleh lapisan atmosfer. Sementara di planet-panet yang atmosfernya berbeda dengan bumi, radiasinya bahkan bisa menembus lapisan alumunium yang melapisi badan pesawat luar angkasa.

Meski demikian bukan berarti dampak radiasi terhadap sistem reproduksi tidak mungkin terjadi di bumi. Radiasi akibat radioterapi kanker dan ledakan bom nuklir diketahui dapat memberikan efek yang sama dengan temuan para peneliti NASA di luar angkasa.

sumber : http://health.detik.com/read/2011/02/14/131759/1570818/763/anak-hasil-pembuahan-di-luar-angkasa-berisiko-mandul

0 komentar:

Posting Komentar